Cara Mengcopy CD/DVD yang diproteksi


Kemarin saya pinjam CD Film “Sang Murabbi” dari teman. Sayangnya CD tersebut diproteksi sehingga tidak dapat dicopy ke komputer. Memang di cover CD tertulis: Film ini hanya dapat diputar di DVD/VCD Player. Lah saya kan cuman punya komputer, gak punya DVD/VCD Player. Saya coba mainkan baik di DVD RW maupun CD ROM, tetap tidak bisa.

CD yang diproteksi tersebut agak aneh. Kapasitas yang ditunjukkan 0 KB. Free space juga 0 KB. Saya yakin pasti ada file yang disembunyikan. Tapi saya belum mengetahui apakah ini keping DVD atau keping CD. ya itu karena kapsitasnya 0 KB. Saya coba pake attrib di command prompt..ternyata gak jalan.

Kemudian saya mencoba menggandakan di virtual CD, masih tetap gagal. Saya coba lagi menggandakan dengan CD Clone. Wah ternyata proteksinya bisa ditembus dengan Clone CD. Tapi hasil burningnya masih sama persis dengan CD aslinya, yakni berkapasitas 0 KB dan sama sekali tidak bisa dibuka di komputer. Wah ini konvensional banget nih..masak harus beli CD/DVD player.

Saya coba buka-buka file temporary. Biasanya setiap kita memburning CD, file-file sementara masih disimpan di folder temporary. Ketemu! Ada file .img sebesar 530-an KB. Segera saya burning file tersebut. Apa yang terjadi? ternyata hasil burningnya masih menunjukkan kapasitas dan free space 0 KB. Padahal kapasitas CD sebelum di burning 0 KB dan free spacenya 700 MB.
Terakhir saya gunakan CD/DVD recovery. Pilihan jatuh pada IsoBuster, karena setelah googling saya mendapat informasi bahwa IsoBuster mampu mengcopy CD yang terproteksi. Langsung saja saya download IsoBuster versi terakhir (v2.4, trial 21 hari) dan menginstallnya di komputer. Hasilnya? dengan mudah saya bisa mengcopy filenya ke komputer. Terakhir saya tahu, bahwa keping CD Film Sang Murabbi ini bukan DVD, melainkan CD biasa!

1. Install IsoBuster. Toolsnya cari di google, pasti dapat. Masukkan CD dan Buka program IsoBuster.

2. Biasanya ada beberapa pilihan track dan Sesion. Pilih saah satu track yang ada isi filenya. Track dengan kapasitas 0 KB hanyalah manipulasi. Perhatikan gambar di bawah ini: Pilih track 02. nah di dalam track 02 masih ada track lagi. Pilih lagi Track 02, kerena mempunyai kapasitas yang rasional:476 MB. Dari sini kelihatan kalo ini CD ini berisi file MPG biasa, bukan file berformat AVI.

berbagai sumber

24 responses

  1. Info yang mantap Gan ^_^

    1. sama2 gan…

      ricisan

  2. tanya gan..???..baru saja sy extrak vcd yang diprotek bisa sich tapi kog gak keluar gambarnya yah..hanya suaranya saja yg keluar…sy extrak pilih yg belakangnya MPG..trims..mhn bantuanya gan..!!

  3. SAYA PERNAH NEMUIN KASUS SEJENIS
    1. MP3 ALQURAN -> BILA DI COPY PASTI CDnya GAK MUAT
    2. vcd dangdut -> bila dibuka gak bisa dilihat file nya
    3. trus yang terakhir vcd dangdut -> foldernya lengkap tapi gak ada file *.dat cuman ada shortcut dan yang jelas gak bisa di copy

    untuk yang ketiga gimana solusinya bro? thanks….

    1. trims komentar mas andre…
      memang terkadang, software copy CD diatas tidak mampu bekerja dengan baik…
      karena sangat tergantung dengan kondisi CD dan kompi/laptop user sendiri…

      saya juga sudah berulang kali mencoba mengcopi VCD..namun selalu saja tidak berhasill…

      jika nanti ada yang berhasil, mohon dikabari ya…

      terima kasiih
      salam hangat
      ricisan

  4. kasus saya beda lagi dengan yang di atas, secara direktory sesuai dengan cd video klip biasa. tapi tak cari filenya gak dapet. kalo dibuat clone juga gak bisa. tapi dalam cd tersebut terdapat 1 file playlist dan hanya dapat diputar di video player. total kapasitasnya 2mb…

  5. Oke cuy dicoba dulu…

    terima kasih

  6. Info yang sangat berguna gan, bisa dimanfaatkan ne.

  7. tanya donk… uda lama banget gk ngopy cd… kemaren baru beli cd lagu anak2 tapi anehnnya di buka dikomputer mau tapi kalo dicopy gk ada filenya… kira harus gimana yach… kalo dulu tinggal explore copy paste tapi sekarang koq gk isa yach… thx u…

  8. trima kasih Gan, tapi ane mau nanya nich…waktu saya extract pake MPG kok hanya suaranya saja yg muncul?moon penjelasan

  9. mantap gan…… ini lg tak coba… mo download dulu…………. trm,s

  10. mantab………..berhasil………..maturnuwun……………..

  11. pakek alkohol 120%. kalo gk mempan pake iso buster…

  12. jalan terakhir record audionya aja…. kan cuma butuh audio aja kan..??
    pakek aja software recording.. bisa cooledit pro, sonar, nuendo, dll

  13. klo ngopy cd drama korea agar subtitlenya ttep b.indonesia gmna????

  14. pengalaman sudah coba macam@ software ga berhasil copy cd tutorial pro aktiv serasa kandas dan putus asa… akhirnya perjuangan yang tekun membuahkan hasil (tetep ga bisa di copy hahahh) becanda bisa di copy deng… hihihi penasaran mau tau>>>

    pakai cd clone versi terbaru 2012 dan full version cari di google.com
    terbaca bad secktor bla bla bla no problemo cd clon sedang mengkloning cd anda secara full keseluruhan sabar menunggu membuahkan hasil..

    cukup lama menunggu/sangat lama bosen ngopi dulu..
    santai santai saja
    tidak usah terllalu di tungguin
    akhirnya selesai dan jreng ok tercopy dan bisa merjalan normal file berupa file image untuk membukanya menggunakan demon menuju virtual drive

    selesai

    trik penggunaaan cd clone dan demon bisa tanya lagi lebih jelasnya bisa email saya ok freands.. bagi yang perlu ilmunya bissaling share

    rdpetsuper@gmail.com

  15. thanks sob,, berguna banget nih buat ane,,

  16. iyowe kesuwun teko lare banyuwangi

  17. trimakasih boos. Ini yg kucari.,..?

  18. Jika Menemukan CD yg G bsa Trcopy tu mmg sdh Trkunci Kcuali Jika Mmang msih Bisa Tercopy tntunya Pke ISO Buster tu Brrti Msh Blum Trkunci Spnuhnya Sya Prnah Mnmukan Hal Srupa Bahwa CD Album Koplo Dangdut yg Sya Suka Bisa Tercopy namun Tidak bisa Kluar Gmbar. Jadi Muternya Pke Win Media Player… Jgn Pke Gom Tw yg lainnya Krna tu G bisa… nah Agr Spya Bisa Diputer di Gom Sya Msh blum bisa Xari Jalan Kluarnya… Ha… ha…

  19. Kalo naruto bisa gk ???

  20. kalo buat copy dvd korea gimana caranya? kan file nya tercecer ada sub tittle nya. itu satu@ atau foldernya bisa di ekstrac

  21. Mantapppp gannn

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,083 other followers

