Lulus UAN, Selamat ya Anak Muda…


IMG-20130524-01410Kemarin, UAN baru saja di umumkan, rame anak SMA dan SMP yang sudah menunggu didepan sekolah mereka, dengan harapan akan mendapatkan berita baik, yaitu lulus, dan ga perlu ikut Paket C. Ternyata setelah pengumuman diberitakan, yang melompat kegirangan, dan menyemprot baju dengan cat mulai bertaburan, diantaranya yang terdiam dan tertunduk lesu juga bermunculan..
Itulah fenomena UAN, dibalik bahagia selalu ada terselip duka, begitu juga sebaliknya.
UAN, bukanlah akhir dari perjalanan panjang persekolahan, ini baru anak tangga pertama menuju sebuah tanggung jawab yang lebih besar.
Selesainya UAN, bukan berarti kau bisa beristirahat terlalu lama dan bermalas-malasan dengan keadaan, ada situasi dan kondisi yang segera berubah setelah kau lulus UAN, ada tanggung jawab besar didepan sana yang harus segera diambil untuk membuktikan bahwa kau memang pemenang, ada banyak hal baru didepan sana yang siap untuk dipelajari, maka dari itu, persiapkan diri, persiapkan mental, kuatkan iman menuju anak tangga selanjutnya..
Bangunlah dari tidur panjang yang selama ini kau nikmati, orang tua yang saat ini, ubannya sudah menutupi rambutnya yang hitam, guratan diwajahnya juga mulai kelihatan, lengannya yang dulu berotot sekarang ditutupi kulit lesuh yang sudah tak segar lagi, ini saatnya kau memberikan kemereka, bukan lagi mereka.
Akan tiba masa mereka untuk beristirahat disamping anaknya yang sudah berhasil dan membanggakannya..tanggung jawab inilah yang harus segera dipikul oleh mu anak muda.
Diumur yang semakin bertambah, kau harus belajar arti kedewasaan, persahabatan dan kehidupan, karena kedepan, akan banyak aral melintang yang membuat lemah tak berdaya, pesanku 1, lawan saja, apapun itu yang membuat jalanmu (impianmu) terhambat, kalahkan saja, jangan kau pula yang kalah dengan keadaan..lawan saja, lawan saja, lawan saja!
Dulu aku juga muda sepertimu, aku menempuh jalan yang menjadi keinginanku, dan aku berhasil, namun ada satu yang aku sesali hingga hari ini, aku belum membanggakan dimata orang tua kita, ada satu permintaanya yang belum mampu aku penuhi, kadang aku sedih jika mengingat permintaanya itu, namun dalam hati aku bertekad, sebelum ajalnya menjemputnya, aku akan mewujudkan permintaanya itu, dan aku harap, kau jangan sepertiku anak muda, buat dulu apa yang diminta oleh orang tua kita, itu bagian dari pengabdian kita kepadanya, tak perlu kau ikut langkahku yang membuat orang tua kita menangis sesak, belajarlah dari pengalamanku dan orang-orang disekitarmu, maka kau akan tahu, kau harus jadi seperti apa nantinya…
Ingatlah pesanku diatas anak muda, lulus UAN bukanlah akhir, tapi merupakan babak baru dari kehidupanmu yang lebih keras dan penuh duka, tapi ingatlah, dibalik semua itu, yang diatas sana tidak akan memberimu kesusahan maupun penderitaan diatas kemampuanmu, syukuri saja, maka kebahagiaan akan menjadi milikmu… aku akan memandumu dengan caraku, walau kadang aku tahu, kau tak suka dengan cara itu, tapi kadang dalam hidup ada banyak hal yang datang dan itu adalah yang tak kau inginkan, tapi belajarlah menyukai apa yang kau dapatkan, karena satu keyakinanku untukmu, bahwa, Tuhan tahu apa yang kita butuhkan, walau sebenarnya itu bukanlah yang kita inginkan…

orang tua kita, adekmu, dan aku bangga padamu..lanjutkan kebanggaan itu, jangan hanya berhenti disini, Keep Spirit Anak Muda!

Ricky A.T
Banda Aceh, 25 Mei 2013
Ini untukmu anak muda (Roby P – My Young Brother)

3 thoughts on “Lulus UAN, Selamat ya Anak Muda…

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)