Siapa yang salah???Tuhankah???Manusiakah???Menurut Anda???


“Aku telah terbiasa”, mungkin sepenggal kata tersebut mirip dengan lagu yang dinyanyikan salah satu artis yang meninggal diduga karena Over Dosis “Alda Risma“. Tapi disini saya bukan membicarakan kasus kematian penyanyi tersebut, melainkan masyarakat Indonesia sepertinya telah terbiasa dengan bencana yang datang melanda pemukiman tempat tinggal mereka khususnya banjir bandang atau longsor.

Sepanjang tahun 2006, hampir setiap bulannya, bahkan mungkin hampir setiap hari kita selalu mendengar, melihat dan membaca di media mengenai bencana yang terjadi, baik itu musibah meletus gunung merapi, gempa bumi dan beberapa hari terakhir bencana Banjir yang terus berulang di penghujung tahun.

Masyarakat kita akhirnya pasrah apabila Banjir datang melanda pemukiman mereka karena tidak tau harus berbuat apa. “Terbiasa” itulah mungkin yang dirasakan oleh masyarakat kita dengan musibah yang datang dan menjadi suatu peristiwa yang biasa-biasa saja. Padahal efek yang ditimbulkan pasca banjir dapat membahayakan warga seperti ancaman penyakit, belum lagi korban secara materi dan korban nyawa, namun pemerintah hanya terdiam dan untuk selanjutnya juga terdiam seribu bahasa.

belajarlah dari pengalaman yang lalu-lalu akan ancaman banjir yang akan terjadi apabila tidak diantisipasi maka akan banyak yang kan dirugikan.ini bukanlah bencana dari tuhan,melainkan ini bencana akibat kelalaian kita bersama.

“Telah nyata kerusakan di daratan dan di lautan akibat tangan” (QS.30 :41)

“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan harapan. Sesungguhnya Allah amat dekat kepada orang yang berbuat baik.” (QS. 7 : 56)

BMG telah menginformasikan bahwa bulan Desember hujan akan mengguyur beberapa wilayah seperti Sumatera Utara. Namun informasi ini tidak menjadi peringatan dini bagi pemerintah ataupun warga untuk mengantisipasi banjir yang datang dan itu sudah selayaknya kita lakukan jika kita tidak ingin terus-menerus menderita.

sangat disayangkan, tiap tahunnya ada ratusan bahkan ribuan orang-orang mati sia-sia diakibatkan ulah tangan mereka sendiri, yang seharusnya tidak terjadi tiba2 malah terjadi,

“mungkin Tuhan Telah Bosan dengan semua tingkah kita yang selalu saja banga dengan dosa-dosa”

kayaknya lirik dari Ebiet G Ade yang satu ini perlu diperhatikan dan direnungkan sejenak…

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s