Menang dan Kalah dan Mengalah


beberapa hari yang lalu, aku ga sengaja lihat sebuah program televisi yang bertajuk, “golden Ways, darinya mario teguh”seorang inspirator, saat itu aq juga ndak mengerti kenapa aq harus duduk dan berdiam diri seraya menyaksikan acara televisi itu, namun diakhir ceritanya barulah aq mengerti, ternyata ada manfaatnya juga aq duduk disitu walopun hanya sekedar menikmati, nah begini ceritanya.

pada sebuah scene, sebelum iklan, pak mario teguh mengambil  kata yang berlawanan, yaitu Menang dan Kalah, dan beliau mengatakan bahwa, apa yang kita cari dalam hidup ini, tidak lebih seperti sebuah persaingan antara menang dan kalah, sering kali orang yang kalah maka adalah orang yang gagal, dan sebaliknya, maka orang yang menang akan dianggap orang yang sukses, namun apa yang membedakan mereka berdua..??

seringkali mereka berdua hanya dibedakan dari kualitas serta kuatitas usaha yang pernah dilakukannya, namun bukan hanya dibedakan dari itu saja, namun ada banyak perbedaan lain yang mencolok..

secara terminologi, Menang dan Kalah adalah kata2 yang mengandung arti antagonis bagi kata yang satunya, jelas secara logika, antara 1 dan 0 itu tidak dapat disamakan, namun beliau kembali bertanya, apakah kita mau menang atau kalah dalam hidup ini..??

banyak yangmenjawab, menang, dan saya juga pada saat itu bergumam tentang jawaban yang sama..

hehehehe….

ternyata yang sangat hebat dari beliau, adalah beliau memilih dua-duannya, alasanya sangat sederhana, bahwa hidup ini dibebtuk oleh ribuan kegagalan yang kita hasilkan setiap detik, menit, jam dan harinya, lalu kemenangan merupakan hasil yang capai ketika kita mampu melewati itu semua, namun apa yang lebih tinggi dari itu semua, beliau mengatakan….

“ORANG YANG MENGALAH, ADALAH ORANG YANG HEBAT”

kok bisa ya…??

MENGALAH…??

dari mana pula kata2 itu..

silahkan lihat ini..

menang vs kalah….

jika digabungkan..

maka antara menang dan kalah akan didapat satu kata “MENGALAH”

tepat bukan…

ada sebuah pepatah, mengalah bukan berarti kalah…

menurut beliau, orang-orang yang mengaah adalah orang-orang yang hebat, mereka memberikan kesempatan bagi orang lain untuk dapat sepertinya, orang-orang seperti ini juga akan tampak lebih dewasa dalam menyikapi banyak hal, karena dalam hidup mereka, tidak ada pilihan menang atau kalah, yang ada hanya mengalah…

disebuah blog saya sempat membaca, disaat orang lain bahagia dengan kemenangannya, maka yang lainnya juga berbahagia melihat kebahagiaan dengan kemenangannya…

sekali lagi, mario teguh mengatakan.

membahagiakan tuhan, adalah sebuah refleksi dari kehidupan yang membuat orang lain bahagia…

salam super…

(wakakakakak….cem mario teguh juga ne…)

hehehe…

Silahkan Renungkan………..

2 thoughts on “Menang dan Kalah dan Mengalah

  1. kuldonk

    sering kita mendengar ungkapan ““menang atau kalah. ikhlas la.. Menang Alhamdulillah, kalah ya gak apa-apa, belum rezeki”, beruntung orang yang memaknai kekalahan sebagai satu langkah menuju kemenangan. tapi sangat disayangkan apabila kekalahan menjadi penghambat untuk berubah menjadi lebih baik.

    salam kenal bro

    kuldonk

    Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s