Cara Menghindari Timbulnya Varises di Kaki


Yang dimaksud dengan varises adalah pelebaran pembuluh darah
balik ( vena ) yang akibat bendungan atau pun berkurangnya tonus otot dan
lemahnya katup dalam vena.
Faktor risiko varises :
Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan kemungkinan adanya varises,yaitu:
==>Umur: kasus varises terjadi antara usia 30 sampai 70 tahun.
==> Jenis: Perempuan berpeluang ganda cedera daripada pria. Sebagai hasil dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, sebelum siklus menstruasi dan setelah usia akhir dari siklus menstruasi dimana hormon-hormon wanita bekerja merenggangkan dinding pembuluh darah.
==> Gen: varises infeksi penyakit genetik, yaitu, bahwa cedera anggota keluarga dalam situasi ini meningkatkan kemungkinan cedera dari salah satu orang lain atau generasi mendatang.
Berikut adalah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi varises:

1.Olah raga secara teratur akan meningkatkan kekuatan otot kaki dan vena.Misalnya dengan Berjalan, berlari, bersepeda dan berenang membuat pembuluh darah sehat.
2.Jaga berat badan tetap seimbang. Tubuh gemuk berarti kaki harus menanggung beban berat
3.Kurangi penggunaan sepatu hak tinggi karena tumpuan kaki lebih banyak ke depan, penggunaan otot betis tidak maksimal. Bila menggunakannya, seringlah istirahat dan menggerak-gerakkan kaki setiap 15 menit

4.Hindari berdiri terlalu lama. Bila pekerjaan mengharuskan Anda berdiri, pindahkan beban dari satu kaki ke kaki lainnya setiap beberapa menit
5.Jangan duduk sambil menyilangkan kaki terlalu lama karena dapat menghambat peredaran darah
6.Jangan gunakan pakaian sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki
7.Biasakan mengonsumsi vitamin C dan E. Selain baik untuk pembuluh darah, juga membantu mengurangi rasa sakit dan kram
8.Banyak makan bergizi, berkadar serat tinggi, buah dan sayur, untuk memperlancar buang air besar
9.Kurangi konsumsi garam untuk menghindari pembengkakan
10.Hindari makanan pedas karena dapat merangsang pelebaran pembuluh darah
11.Lakukan senam kaki. Sambil duduk, putar pergelangan kaki searah jarum jam, lalu putar dengan arah yang berlawanan. Selanjutnya, angkat kaki dan tekuk pada lutut ke arah depan dan belakang.
12.Angkat kaki saat beristirahat.
13.Berdiri dan bergerak setiap 45 menit bila Anda bepergian dengan pesawat terbang, atau saat duduk bekerja seharian.
14.Berhenti dan berjalan sebentar sedikitnya setiap 45 menit bila bepergian jauh dengan mobil
15.Mandi dengan air panas dan dingin bergantian sangat baik untuk peredaran darah
16.Hindari pakaian atau pakaian dalam ketat yang membatasi aliran darah di sekitar pinggang, selangkangan dan kaki (ikat pinggang, stocking atau kaus kaki).

Varises terjadi karena pelebaran pembuluh darah balik yang disertai dengan gangguan fungsi katup yang terdapat dalam pembuluh darah tersebut. Jadi, pada Varises tidak hanya terjadi pelebaran pembuluh darah namun juga terjadi gangguan elastisitas dinding pembuluh darah yang pada akhirnya akan menyebabkan terganggunya fungsi katup pembuluh darah balik.

Hal lainnya yang menjadi penyebab varises:
1. Berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh vena melemah dan tak sanggup mengalirkan darah ke jantung sebagaimana mestinya. Aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi bumi, karena itu pembuluh darah harus kuat, begitu juga dengan dinamisasi otot disekitarnya.

2. Rusaknya katup pembuluh vena, padahal katup atau klep ini bertugas menahan darah yang mengalir ke jantung agar tidak keluar kembali. Katup yang rusak membuat darah berkumpul di dalam dan menyebabkan gumpalan yang mengganggu aliran darah.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s