Hilangkan Kebiasaan Mendengkur…


Seringkali kita temukan teman atau keluarga kita yang mendengkur saat dia tertidur.Suara dengkuran itu Tentu membuat kita merasa risih atau terganggu saat didekatnya.Sebagian orang mengkhawatirkan tidur mendengkur dapat menyebabkan kematian mendadak,benarkah?? kenapa mendengkur itu bisa terjadi saat tertidur??

Tidur dengan mulut terbuka lalu bernafas melalui mulut membuat suara vibrasi atau mendengus yang dinamakan ngorok alias mendengkur.Penyebabnya cukup banyak antaranya alergi,gangguan pada sisitem pernafasan bagian atas,posisi tidur,udara terlalu panas,gangguan ventilasi udara,serta berbagai penyakit atau sebab2 lainnya.Dan menurut penelitian tak ada kematian karena ngorok.Kematian mendadak waktu tidur tentu ada sebab2 penyakit lain.Salah satunya dinamakan sleep apnea,yaitu pernafasan berhenti (bila hanya beberapa detik tidak bahaya) dan berulangkali saat tidur.Apabila apnea(henti nafas) lebih dari 3menit tentu bisa menyebabkan kematian,tetapi untungnya penyakit ini sangat jarang.

Mendengkur bisa ditemukan pada satu diantara enam orang tidur,baik wanita atau laki2.Wanita hamil lebih banyak mendengkur karena pada saat hamil retensi cairan dijaringan menghambat saluran nafas sehingga terjadi hambatan membuat ibu bernafas melalui mulut dan tibul suara dengkuran.Mendengkur terjadi bila penderita bernafas melalui mulut,otot langit2 lunak dan uvula dalam kondisi relaks.Saluran yang dilalui udara menyempit dan begitu pendengkur menghirup udara menyebabkan langit dan uvula bergerak.

Kualitas dan intensitas dengkur dikontrol oleh bentuk mulut,elastisitas jaringan dan kekuatan inhalasi pendengkur.Orang gemuk cenderung mendengkur.Pada Beberapa kasus,setelah pendengkur mengurangi berat tubuhnya,ada penurunan suara dengkur,walupun tidak hilang sama sekali.Perawatan dilakukan dengan memperbaiki kondisi.Jika tidur dengan punggung rata dikasur dan kepala kebelakang,posisi ini menyebabkan harus bernafas melalui mulut yang membuat mendengkur.

Pengobatannya adalah dengan pernafasan melalui hidung.Beberapa tindakan misalnya merubah posisi tidur,latihan atau alat untuk menjada mulut tertutup saat pendengkur tertidur.Apakah anda termasuk salah satu pendengkur ‘hebat’??jadi tidak akan ada lagi yang berteriak dan mengatakan,  woyyy….TIDOR jangan BERISIK….!!! heheheee..

disadur dari sini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s