Tidur dan Masalahnya


“Apa yang terjadi ketika kita tidur?? Yang pasti semua organ tubuh tidak tidur,termasuk otak.Seluruh aktifitas tubuh kita sebenarnya adalah rangkaian vibrasi elektromagnetik yang mempunyai frekuensi berbeda,perbedaan ini ditentukan oleh kondisi sehat/sakitnya fisik orang tersebut,juga emosi orang yang bersangkutan. Salah satu organ yang sering dicatat aktivitas eleltromagnetiknya selain jantung adalah otak.

Rata-rata otak manusia menghasilkan energi sebesar 10 watt,walaupun demikian,tubuh manusia tidak mungkin menimbulkan kontak listrik seperti kabel listrik telanjang,karena arusnya bukan arus bolak balik (AG/Alternating Current). Karena menghasilkan energi elektromagnetik itulah maka otak dikenal mempunyai 4 pola gelombang: Beta,Alfa,Teta,Delta dengan frekuensi yang berbeda-beda.

Kita berada dalam gelombang Beta,saat terjaga penuh,pikiran dan emosi mampu menanggapi rangsang dari luar maupun dari dalam yang keseluruhan pengalaman kita dikontrol oleh ruang dan waktu.
Gelombang Alfa muncul saat kita sedang ‘asyik’ dengan sesuatu,terfokus atas sesuatu,segalanya menjadi mudah dan simple,dimana fisik rileks dan kreatifitas meninggi.Bukan hanya stress menurun,tapi kita pun menikmati kondisi ‘hipnosis’ ringan,meditasi.Jangan salah kaprah…hipnosis bukan berarti menghilangkan kesadaran,justru kesadaran menjadi terfokus dan tubuh menjadi rileks.

Gelombang Teta,merupakan portal/pintu masuk tidur lelap.Paling tidak kita rutin alami 2x sehari. Ketika sedang proses hampir tertidur dimalam hari dan ketika sedang menjelang terbangun di pagi hari.Dalam sinopsis,gelombang teta dipertahankan agar alam bawah sadar dengan mudah ‘membuka diri’ dan menerima sugesti2 untuk perubahan prilaku,mengungkapkan kejadian2 masa lalu untuk kepentingan terapi.

Gelombang Delta menunjukkan kondisi terlelap,tidur yang dalam. Ada penurunan vibriasi mental,mimpi terjadi disini,alam bawah sadar terbuka lebar.Itulah sebabnya mimpi dapat dijadikan petunjuk kondisi emosi dan mental sebenarnya dari seseorang.Banyak metafor2 yang terjadi dalam mimpi ditangan seorang terapis yang terlatih dan bertanggung jawab dapat membantu menyelesaikan masalah yang sulit dipecahkan. Seorang anak yang nampaknya penurut dan ‘baik-baik’ saja ternyata mengalami depresi dan tekanan dapat dibantu dan diungkap melalui kisak mimpi-mimpinya.Gelombang Delta sangat diperlukan dalam setiap tidur,karena inilah saatnya tubuh dan sel mengalami regenerasi dan pembaharuan. Itu sebabnya orang yang kekurangan tidur nyenyak wajahnya tampak kusut masai dan ‘menua’.
Tidurpun ternyata butuh perhatian bukan??? masihkan anda meremehkan jam tidur anda?!!

disadur dari sini.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s