Tips Menyembuhkan Penyakit Maag


Masalah gangguan pencernaan (sering digeneralisir sebagai sakit MAAG Bahasa Belanda untuk lambung) sebenarnya luas sekali. penyakit MAAG disebut kronis karena tidak pernah sembuh,dan disebut akut karena ada episode2 serangan luar biasa atau timbul tukak baru selain tukak2 lama. Sangat penting untuk menelusuri asal muasal terjadinya tukak. Dari situlah kebrhasilan proses penyembuhan. Sangat ironis bila anda atau bahkan dokter hanya memberi kiat mengupas gejala,sedangkan penyebabnya masih ada.Kelebiham asam lambung itu pun hanya gejala.Memberi obat yang hanya mampu menekan produksi asam lambung salah-salah menumbulkan masalah baru. Ingat, tubuh melakukan apa yg perlu dilakukannya. Bila lambung memproduksi asam berlebihan,pasti ada alasannya.Masalhnya, kita mampu memahami tubuh atau tidak !!

Mengapa lambung memproduksi asam berlebihan hingga ‘merusak dirinya sendiri’??Ada bebrapa alasan,salah satunya yang paling up to date adalah ditemukannya bakteri Helicobacter pylori yang masuk kelambung akibat makanan dan air minum tercemar.Asam lambung sengaja di produksi olah lambung sebagai mekanisme pertahanan diri,tubuh berupaya mematikan bakteri ini.

Obat sakit MAAG atau sejenis yang sering diresepkan untuk menekan asam lambung (supaya lambung tidak perih lagi) semakin memperburuk keadaan. Dengan sedikitnya asam lambung,perkembangbiakan bakteri tidak terbendung,semakin menggila.Akibatnya radang semakin parah,tubuh mendeteksi adanya radang pada selaput lendir dalam lambung,lalu dikeluarkanlah anzim dalam radang disebut Cytokines yang merangsang pengeluaran hormon yang disebut2 Gastrin.Antibiotik yang ‘semau gue’ seperti di indonesia (siapa saja bisa beli dimana saja dengan cara minum kapan saja) memnyebabkan banyak bakteri kebal. Salah -salah bakteri usus yang membantu pembusukan kotoran manusia ikut mati, akibatnya diare berkepanjangan.

Jangan pernah lagi mengonsumsi bubur atau biskuit yang hanya menjanjikan ‘tersumbat’nya lambung selama kurang dari 2 jam. Ini terlalu kuno untuk tetap dianut. Bahayanya semua bahan makanan berkarbohodrat buruk (gula,terigu,beras,pati) terlalu cepat dicerna bahkan diserap menjadi gula darah.Bukan sekedar lambung yang cepat kosong,tapi juga gula darah meningkat sesaat menyebabkan hormon insulin naik sekaligus memproduksi hormon eikosanoid buruk yang memperparah semua jenis radang.

Justru penyembuhan cepat terjadi apabila anda mengonsumsi karbohidrat baik berupa sayur segar dan buah (hmpir semua buah diterima baik oleh pencernaan manusia kecuali yg menjadi teman rujak misal kedondong,mangga muda dll).Sayur lalap dan buah yang dicuci bersih dengan glikemik indeks rendah membuat lambung tidak cepat kosong.Seratnya betahan dan anda tidak akan mudah lapar.apalagi jika dibubuhi extra virgin olive oil. anda akan mendaptkan semua yang terbaik dan sangat diharapkan oleh tubuh anda.

Hingga kini orang masih memperhitungkan faktor emosional.Mereka yang slalu berhadapan dengan stress,sehingga lupa makan,lupa istirahat,lupa relaksasi,asam lambung akan diproduksi sebagai “panggilan” untuk mulai menata apa yang perlu dikonsumsi. Tidak heran,masalah2 emosional kerap berujung pada gangguan pencernaan. Dari sakit Maag,hingga nyeri perut bagian bawah atau gangguan buang air.

Lambung adalah bagian dari tubuh yang memegang kendali nutrisi,yang mencerna dengan proses yang amat awal. Mustahil bagi usus untuk menyerap gizi bila lambung belum melumatkan makanan dengan baik.

Disadur dari sini


2 thoughts on “Tips Menyembuhkan Penyakit Maag

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s