KETIKA KITA PERCAYA!


Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Dalam masa yang penuh rasa takut dewasa ini, kita di tuntun dan di bawa pada satu situasi dan kondisi melewati belantara pesimisme yang kian panjang, makin tinggi nya tingkat kompetisi yang menghalalkan segala cara, sementara kemampuan kita yng terbatas, makin mahal harga barang-barang, sementara kemampuan belanja tidak kian berubah, semua usaha kita lakukan, berdoapun tidak ketinggalan, tapi semua usaha itu seolah hanya manjadi proses yang terabaikan dan seakan doapun tiada jawaban!

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Mari kita mencoba melihat fenomena melalui renungan sejenak dari sudut malam ini yang mampu mencemerlangkan harapan sehingga ketakutan menjadi keberanian, kelemahan menjadi kekuatan, usaha tercapai pada tujuan dan doa selalu termakbulkan, kerana keajaiban akan selalu hadir dalam ruang-ruang kepercayaan.

Terkadang kita tidak sadar dan mengerti bahwa ternyata keajaiban hanya di butuhkan pada situasi dimana kita di belenggu oleh kesulitan, lalu semakin sulit situasi yang kita hadapi cendrung makin melahirkan keluhan dan tangisan, namun jika kita memahami dengan kepercayaan, bahwasanya semakin kita menderita maka kondisi ini merupakan suatu masa dimana kita semakin dekat dengan keajaiban!

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Sesungguhnya keajaiban merupakan subuah kejadian yang di lahirkan oleh ibu kesulitan dan di hasil dari ayah keupayaan, maka dari itu keupayaan merukan proses pengubah nasib, meski kita diantara kita sering meragukan akan hal demikian, tapi sebenar nya ketika berbicara kepercayaan maka tidak terlepas dari nilai-nilai, yaitu nilai ketuhanan, dan ketika kita berbicara ttg kepercayaan dan melibatkan nama tuhan di sana, maka tidak ada hal yang tidak mungkin!

Impoisible is no thing,,,! itu adalah ungkapan orang2 yang memiliki otoritas terhadap diri tampa mampu di pengaruhi oleh kesulitan dan kehidupan ini membutuhkan orang-orang yang memiliki kepribadian dan prinsip yang kuat, dunia ini membutuhkan orang-orang yang kuat keyakinan akan perubahan dan tingginya nilai-nilai keutamaan terhadap gambaran ketuhanan yang tidak hanya memiliki simbol dan omongan tapi juga kerja nyata!

Banyak orang terkadang di dalam pembicaraan, dalam doa, dan dalam bentuk apapun sering berucapa “impossible” sementara di sana belum ada karya-karya nyata yang di usahakan untuk mencapai suatu tujuan, sehingga secara tidak sadar kita telah membatal kewenanan tuhan yang mampu melakukan segalanya! “Kun Fayakun..”

Menjadi sebuah tantangan bagi kita, bagaimana seandainya masing-masing dari kita menjadi pembukti terjadinya keajaiban dalam menciptakan perubahan?

Harus kita sadari bahwa sebenernya dalam diri kita terdapat sesuatu yang apa bila kita lakukan tidak hanya sekedar untuk diri kita sendiri, hal sederhana yang perlu kita harus lakukan dengan hal-hal yang kecil dalam menciptakan pribadi dan bangsa yang patut mendapatkan perubahan, dalam sesekali waktu berilah pujian pada orang-orang yang kita sayangi, dari proses itu akan ada satu keajaiban yang tentunya akan menciptakan keharmonisan dan kemesraan yang kita ciptakan tampa sengaja, banyak di antara kita selalu berharap terjadi suatu keajaiban dalam hal-hal yang besar, tapi dalam hal yang kecil dan spele kita sering lupa bahwa keajaiban itu akan mampu kita ciptakan kapan dan di mana saja. Padahal kita memiliki kewenangan untuk menciptakan keajaiban-keajaiban kecil, dan kewenangan itu berada penuh dalam diri kita, karena keajaiban kecil selalu berada di sekeliling kita dan dapat kita memiliki keajaiban itu setiap saat dan mampu membawa kita pada arah perubahan.

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Tidak ada orang yang bisa hidup tampa meyakini sesuatu, orang yang tidak meyakini sesuatu pasti dia meyakini sesuatu yang lain, padahal keyakinan kita pada sesuatu hal tentu kita akan menggunakan kekuatan kita sepenuhnya pada hal yang kita yakini, Jika kita memiliki yang positif maka tentu akan melahirkan nilai-nilai positif Dan dan keyakinan ini yang akan membawa kita pada peubahan baik pandangan maupun nasib! bagi mereka yang meyakini satu hal pada arah yang berbeda, tentu juga akan menggunakan segenap kemampuan dan kekuatan diri untuk untuk meyakini hal tersebut pada hal-hal yang tidak menguntungkan dan bernilai positif, lalu di mana keyakinan kita hari ini mari kita bertanya pada diri kita masing-masing!

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Jika hari ini kita kehilangan akan kepercayaan, maka kita perlu mencari kepercayaan itu kembali, pergi dan cari lah kepercayaan itu kembali, terkadang kita tidak mampu mengembalikan kepercayaan pada satu orang, maka carilah kepercayaan itu pada orang lain, tidak hanya kepercayaan pada orang lain, tapi juga kepercayaan pada diri sendiri, berapa banyak di antara kita yang tidak mau melakukan sesuatu kerena kita tidak memiliki hal serupa yang di miliki oleh orang lain!

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Lihatlah apa yang ingin anda lihat, jadilah diri yang penuh dengan keajaiban, orang-orang yang memiliki keajaiban kecil selalu meciptakan suasana yang mampu mengundang keajaiban dari orang lain, dari saudara kita, dari teman kita, dari rekan kerja di kantor misalnya, hanya dengan melakukan hal-hal kecil sahaja, senyumlah dengan senyuman yang lebih ramah, duduklah dengan lebih sopan, berjalanlah dengan anggun dan luwes tampa menyenggol orang lain, berbicara tampa menyinggung lawan bicara kita, hal ini memang kecil, tatapi ketika kita mampu menjadi pengundang kebaikan bagi orang lain di sana tumbuh bibit keajaiban yang lebih besar, bukankah masyarakat muncul dari individu-individu? Dan negara lahir dari kumpulan masyarakat!

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Mari saudara ku, kita ciptakan dan membawa diri pada satu pribadi yang mamiliki kemampuan untuk meciptakan perubahan, yang mimiliki visi yang jelas, tujuan yang terarah, dan menjadi pemimpin yang amanah, memiliki keberanian yang kuat untuk memimpin minimal diri kita sendiri, 100,000 pasukan tidak akak berarti apa-apa jika di pimpin oleh pemimpin yang penakut, ratusan ribu masyarakat tidak akan berarti apa-apa jika di pimpin oleh seorang yang penipu, teriakan histeris masyarakat tidak akan mampu menggugah hati nya karena tidak memiliki pribadi yang kuat, tetapi 10 orang yang pimpin oleh orang yang berani lalu memiliki komitmen yang tinggi visi yang jelas, pasti akan mampu memciptakan perubahan, jadilah orang sedikit sebagai kader dan mengayomi yang banyak tapi keblinger,,,^_^, maka dari ini mulai hari ini mari kita ciptakan perubahan pada diri dengan menularkan setiap kebaikan kepada orang-orang yang ada di sekeliling kita melalui hal-hal yang kecil tentunya.

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Jika kita berbuat maka yakinkan bahwa itu baik untuk diri sendiri dan membawa kebaikan pada orang lain, hidup ini realistis, bahwa kita berbuat baik tidak hanya untuk satu orang, jika kita berbuat baik pada orang lain dan berhenti sampai di situ maka kita telah menghalangi kebaikan kita kepada orang berikutnya yang berhak mendapatkan kebaikan kita selanjutnya!

Hukum kausalitas selalu berbicara keseimbangan, dan hidup adalah keseimbangan antara berat dan ringan, antara susah dan senang, antara ada dan tiada, antara kaya dan miskin, antara pinter dan bodoh, antara siang dan malam, semua berjalan dalam dialektika kehidupan secara sistematis, tidak pribadi yang hebat dan memiliki keajaiban jika di luaran dia hebat tapi di dalam keluarga dia memiliki nilai nol….!

Semua usaha kita memang membutuhkan penyesuaian, tidak ada yang serta merta kita mampu lakukan secara seketika untuk mencinptakan keajaiban, bukan dari banyak waktu yang kita miliki lantas mewujudkan kajaiban, tapi kualitas dari setiap panggunaan waktu yang manjadi ukuran tercipta atau tidaknya keajaiban itu!

Do what’s good for you or you not good for any one,,(bahasa inggrisnya xixixi,,,)

Ada banyak harga yang kadang kita harus bayar atas semua konsekwensi yang akan kita temui ketika kita melakukan sesuatu, kita akan kehilangan sesuatu ketika kita malakukan sesuatu, itu adalah konsekwensi dasar dalam kehidupan ini, jika kita sering keluar rumah, baik utk bekerja, belajar dan lain sebagainya, maka kita akan kehilangan masa-masa bahagia bersama keluarga, jikapun kita tidak mampu menghindari hal seperti itu maka tingkatkan kualitas kebersamaan di saat detik-detik bersama keluarga kita, betapa banyak wanita karir yang tidak mau memiliki keturunan sementara dia orang yang subur tapi dia takut akan kehilangan uang semasa dia ambil cuti, atau betapa banyak wanita karir yang takut memiliki anak karena dapat menyebabkan menurunnya kualitas kecantikan? Cedara loen nyang meutuah Jangan pernah tukar harga tuhan dengan harga yang murah, jangan bermain matematik dengan logika tuhan yang maha sempurna.

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Dewasa ini begitu banyak orang yang tidak percaya pada sebuah keajaiban, dan itu adalah bentuk keraguan, dan orang yang ragu adalah orang yang tidak berani melihat segala kemungkinan dapat terjadi. Keberanian selalunya muncul dari wujud keyakinan bukan dari wujud kesombongan, karena orang yang berani terkadang juga di dasari atas dasar kesombongan!

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Kita harus memuliakan diri melalui keajaiban-keajaiban kecil yg kelak akan kita lakukan, keajaiban yang paling kecil kita lakukan, mari sama-sama kita lakukan hal-hal yang mengarah pada kabaikan dengan keajaiban-keajaiban tersebut, membangun kepercayaan pada sebuah keyakinan dengan melakukan hal-hal yang lebih prioritas melalui pesan-pesan kebaikan akan melahirkan sayap-sayap kesuksesan yang akan membawa kita pada tujuan dan cita-cita serta yang kita idam dan impikan!

Kita memang sering bingung akan sesuatu hal, tapi yakin kebingungan itu merupakn sebuah batu loncatan untuk keajaiban, karena kebingungan itu sesungguhnya adalah sikap hati-hati untuk tidak melakukan kesalahan. Jadi bersyukurlah ketika terkadang kita masih kebingungan, karena itu tanda kerendahan dan masih berjalannya otak dan pikiran!

Cedara loen nyang meutuah!/saudaraku yang dirahmati
Muliakan diri kita dengan pesan-pesan kebaikan, gunakalah keberserahan kita kepada tuhan, sebagai penentu dari kebijakan diri untuk menciptakan keajaiban dengan penuh keyakinan!
Sekian saudara ku, walaupun tulisan ini belum mampu tersusun secara sistematis, saya tau bahwa susah untuk mengajak para pembaca ketika kita up load tulisan yang panjang seperti ini, namun bagi sy ttp muncul harapan bahwa tulisan ini semoga bermamfaat bagi yang mau membaca, dan menambah motivasi untuk diri saya sendiri! Amien!

dikutip dari catatan saiful asra.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s