Menghapus Virus Shortcut, dari berbagai sumber


Baru2 ini, virus shortcut semakin mendunia, tak hanya di indonesia, sebagian negara juga menginformasikan terjangkitinya virus ini dikomputer mereka, memang tak terlalu merepotkan hingga merusak data, tapi kemampuan super hidden nya yang kadang bikin pusing. nah, berikut ada beberapa cara yang saya kutip dari berbagai sumber untuk membantu rekan-rekan untuk mengembalikan data yang terkena virus shortcut ini, oiya, untuk mengembalikan data yang pernah dihidden, bisa menggunakan compactbyte atau smadav (googling aja)..

selamat mencoba…!

Cara 1.

Beberapa hari yang lalu, teman saya ada yang mengeluhkan komputernya terkena virus yang tidak mempan diperbaiki menggunakan anti virus apapun. Setelah kontak teman-teman, ada yang menemukan solusi jitu terkait dengan virus ini. Sebut saja nama virusnya VIRUS SHORTCUT, karena virus tersebut membuat shortcut dari folder yang ada di hardisk. Namun shortcut tersebut jika dilihat property-nya akan mengarah pada link virus yang bersarang di windows/system32. Teman saya sudah berupaya mencari update berbagai macam anti virus termasuk yang selama ini kami gunakan yaitu PCMAV dan NOD32 terbaru untuk menghilangkan virus ini. Namun ternyata upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Dengan upaya keras mencari berbagai informasi dari internet, akhirnya ditemukan solusi untuk membasmi virus ini, meskipun dilakukan secara manual dan benar-benar menyita waktu karena setelah berhasil menghapus virus, proses selanjutnya adalah mencari (search) satu persatu shortcut tipuan tersebut dari harddisk dan kemudian menghapusnya secara manual pula.

Adapun Ciri – Ciri Virus Shortcut tersebut adalah:

Pertama-tama, setelah menginfeksi komputer, dia akan membuat file induk database.mdb di My Documents

Yang kedua adalah virus tersebut akan membuat file autorun.inf di setiap drive harddisk, flash disk, dan folder tanpa kecuali

Yang ketiga adalah dia akan membuat file Thumb.db (hati-hati, perhatikan bahwa file ini tanpa huruf s sedangkan thumbnail cache yang asli di komputer memiliki tambahan huruf s alias thumbs.db) di setiap folder

Untuk memancing korban, dia akan membuat file Microsoft.lnk dan New Harry Potter and….lnk di setiap folder yang jika dieksekusi akan langsung mengaktifkan virus tersebut.

Seperti halnya virus-virus lokal lainnya, dia akan membuat duplikat setiap folder namun kali ini bukan dengan ekstensi .exe melainkan extensi .ink alias shortcut.

Pada task manager terdapat proses services wscript.exe yang sedang berjalan. Dalam kondisi normal, tidak ada proses seperti ini.

Langkah – Langkah pembasmian:

1. Matikan System Restore. Sejak dulu saya selalu mematikan system restore segera setelah proses instalasi windows. Untuk keperluan backup dan imaging system, saya lebih memilih menggunakan third party seperti acronis ataupun Norton Ghost.

2. Matikan proses virus wsrcipt.exe (C:\WINDOWS\System32\wscript.exe)
Bisa menggunakan Process Explorer atau misc. tool pada HijackThis..

3. Hapus file virus database.mdb di My Documents..

4. Hapus file duplikat virus..

Untuk proses penghapusan, anda bisa menggunakan fasilitas search pada Windows.. Pada “More advanced options”, pastikan option “Search system folders” dan “Search hidden files and folders” keduanya telah dicentang.

Search file dengan nama autorun.inf ukurannya 8 KB
Search file dengan nama Thumb.db ukurannya 8 KB
Search file dengan ekstensi .lnk.lnk ukurannya 1 KB
Hapus semua file yang ditemukan..

Untuk lebih memudahkan proses pencarian yang sekaligus menghapus file yang ditemukan, anda bisa menggunakan software UTool, sebuah freeware yang dapat anda download secara gratis di SINI. Program ini akan secara otomatis mencari dan kemudian menghapus file-file yang diinginkan (lihat gambar).

utool

5. Hapus registry Autorun yang dibuat virus dengan menggunakan HijackThis..
Cari di bagian HKCU\..\Run: yang berhubungan dengan file database.mdb (pada gambar namun file database.mdb udah saya hapus)

regedit_run

Untuk lebih memantabkan proses pencegahan dan melindungi komputer kita dari serangan virus lokal yang sangat memusingkan ini, anda dapat melakukan hal-hal berikut:

1. Setelah proses instalasi windows, segera matikan system restore.

2. Install software third party misal Tweak UI atau Magic Tweak untuk mendisable autorun dan mencegah teraktivasinya file-file .inf. Mungkin pada Windows XP Professional, proses menon-aktifkan autorun bisa dilakukan dengan mudah, namun pada versi Win XP Home, anda memerlukan software ini. Tambahan informasi, program MagicTweak selain berfungsi menon-aktifkan autorn  dapat juga digunakan untuk mencegah dijalankannya file-file .inf File autorun.inf yang biasanya merupakan awal dari berjangkitnya virus akan secara otomatis diubah menjadi murni file txt alias notepad oleh program ini dan dia tidak lagi bisa dieksekusi. Ini sangat membantu jika memang secara tidak sengaja kita mengaktifkan atau mengeksekusi autorun.inf meski proses autorun sudah didisable untuk semua drive (termasuk flash disk).

3. Setelah semua proses instalasi windows, driver, program, dan lain-lain telah selesai, segera backup image system anda menggunakan software macam Acronis True Image atau Norton Ghost, sehingga jika nanti ada masalah yang tidak dapat anda selesaikan dengan mudah, anda dapat merestoreasi backup system tersebut.

4. Jika perlu, instal juga Deep Freeze apabila komputer anda digunakan oleh banyak orang, sehingga settingan komputer tidak akan berubah-ubah.

5. Update info: Ciri-ciri virus terdapatnya virus shortcut pada flashdisk dapat diketahui dengan perbedaan icon flashdisk tersebut yang biasanya berbentuk seperti icon drive menjadi berubah seperti icon folder. Jika menemui icon seperti ini, berarti dalam flashdisk tersebut terdapat virus. Gunakan explorer dan buka flashdisk lewat explorer (jangan klik 2x dari my computer) dan hapus file autorun dan file2 tersangka virus lainnya secara manual dengan menekan shift + DEL (supaya tidak tersangkut di recycle bin). Rata-rata virus lokal dapat dicegah dengan cara manual seperti ini asalkan OPSI DISABLE AUTORUN pada windows dan/atau MagicTweak telah diaktifkan, dan juga OPSI DISABLE .INF FILE pada MagicTweak telah diaktifkan (lihat gambar).

icon_flashautorun_disable


Semoga informasi ini dapat membantu dan membuat kita lebih hati-hati jika menemui virus-virus lokal. Jangan sampai kita menjadi korban dan pekerjaan kita terbengkelai karena harus ngurusi virus.

semoga dapat membantu teman2 untuk menghapus virus chosrtcut yang bikin pusing.

sumber : disini

Cara 2.

Virus PIF/Starter atau yang lebih dikenal dengan virus shortcut membuat kesal korbannya dengan banyak sekali shortcut yang dibuat oleh virus tersebut. Repotnya, kalau cara penanganan virus ini tak tepat maka ia malah akan kembali lagi, lagi dan lagi.

Oleh sebab itu, simak 7 cara jitu dari analis virus Vaksincom MG Lat untuk menghentikan banjir shortcut yang diakibatkan virus ini:

1. Sebelumnya matikan dulu proses system restore.

2. Matikan proses dari file Wscript yang terletak di C:\Windows\System32, dengan cara menggunakan tools seperti CProcess, HijackThis atau dapat juga menggunakan Task Manager dari Windows.

3. Setelah dimatikan proses dari Wscript tersebut, kita harus men-delete atau me-rename dari file tersebut agar tidak digunakan untuk sementara oleh virus tersebut.

Sebagai catatan, kalau kita me-rename dari file Wscript.exe tersebut dengan otomatis, maka akan dikopikan lagi di folder tersebut. Oleh sebab itu, kita harus mencari di mana file Wscript.exe yang lainnya, biasanya ada di C:\Windows\$NtServicePackUninstall$, C:\Windows\ServicePackFiles\i386.

Tidak seperti virus-virus VBS lainnya, kita bisa mengganti Open With dari file VBS menjadi Notepad, virus ini berextensi MDB yang berarti adalah file Microsoft Access. Jadi Wscript akan menjalankan file DATABASE.MDB seolah-olah dia adalah file VBS.

4. Delete file induknya yang ada di C:\Documents and Settings\\My Documents\database.mdb, agar setiap kali komputer dijalankan tidak akan me-load file tersebut. Dan jangan lupa kita buka juga MSCONFIG, disable perintah yang menjalankannya.

5. Sekarang kita akan men-delete file-file Autorun.INF. Microsoft.INF dan Thumb.db. Caranya, klik tombol START, ketik CMD, pindah ke drive yang akan dibersihkan, misalnya drive C:\, maka yang harus kita lakukan adalah:

Ketik C:\del Microsoft.inf /s, perintah ini akan men-delete semua file microsoft.inf di seluruh folder di drive C:. Sementara kalau mau pindah drive tinggal diganti nama drivenya saja contoh: D:\del Microsoft.inf /s.

sumber : disini

5 thoughts on “Menghapus Virus Shortcut, dari berbagai sumber

  1. Rp13

    Cs… Tu ribet amiiiiiiir… aq udah ada solusinya… pake avg ajaaaa… laptop aq dan kawan2 aku smua kenak virus tu gara2 ulah flasdisk si dina… tapi stlah pake avg dan update.. langsung musnah tu virusnya…
    Selamat mencoba..

    Reply
  2. Syawal all

    tips buat flass yg terjangkit virus. bg, swl prnh kenak jg virus itu, kmaren ad kakak leting minta tolong scan flas dia yg isi nya soft TA dia, jd swl langsung teringat sama linux, tinggal kita colok flass nya di OS linux kita atau dari live cd linux, nah di situ kita bisa bebas menghapus file-file yg tidak kita kenal, lgian virus jg gak jalan di OS linux, pokoknya yg tidak kita kenal hapus terus dh dan paling utama klu datanya gak banyak pilih satu2 yg penting trus format aj skalian, trus kita copy lg deh🙂, flass nya clean 100% dari virus.

    Reply
  3. ricisan

    tq wall…
    atas infonya buat teman2 lain..
    namun ada suatu masalah jika flash yang kemasukan virus itu adalah punya orang awam, alias orang yang tak paham apa2 tentang komputer, nah, bagaimana dia kan tau bahwa itu filenya virus dan file dokument kita yang asli…
    otomatis, semua file yang “dianggap” nya sebagai virus akan dia hapus dan bisa jadi itu termasuk file dokument asli yang tak terjangkiti virus…

    thanks untuk komentnya syawal all
    salam

    Reply

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s