Natty Narwhal,apaan yaa…


Natty Narwhal merupakan code name baru untuk Ubuntu 11.04 yang baru saja resmi di release tanggal 28 April 2011.  Narwhal (Monodon monoceros) merupakan hewan asli daerah Artic. Hewan ini merupakan ikan paus bergigi (toothed-whale). Sedangkan Natty bisa diartikan neat atau tidy.

Seperti kebiasaan Ubuntu yang selalu membuat code name yang selalu berurutan secara alphabetis mulai dari  Ubuntu 6.04 Dapper Drake dan selalu terdiri dari dua suku kata yang berawalan sama.

Tetapi setelah saya baca-baca di kaskus, ternyata pada awalnya  code name Ubuntu tidak dimulai dari alfabet A, melainkan dari W, yaitu Ubuntu 4.10 Warthy Wartog. Sampai saat ini selalu menggunakan jenis hewan pada suku keduanya sedangkan di suku pertama menggunakan kata sifat yang menjelaskan hewan tersebut.

Berikut ini merupakan list code name dari Ubuntu yang sudah pernah dirilis sampai Ubuntu yang terbaru 11.04

ubuntu 4.10 : Warty Warthog
Warty : kulit ditutupi dengan gumpalan kasar/kutil
Warthog : babi hutan jantan berkepala besar yang bertaring dan memiliki dua kutil di wajahnya

ubuntu 5.04 : Hoary Hedgehog
Hoary : ditutupi dengan rambut kelabu
Hedgehog : mamalia kecil yang memiliki duri di bagian belakang dan samping badannya (landak)

ubuntu 5.10 :Breezy Badger
Breezy : selalu aktif
Badger : mamalia penggali yang merupakan jenis hewan karnivora (musang)

ubuntu 6.04 : Dapper Drake
Dapper : sangat bergaya dalam penampilan
Drake : bebek jantan

ubuntu 6.10 : Edgy Eft
Edgy : berani, tinggi gaya dan provokatif
Eft : kadal (salamander)

ubuntu 7.04 : Feisty Fawn
Feisty : penuh semangat dan menunjukkan keberanian
Fawn : anak rusa

ubuntu 7.10 : Gutsy Gibbon
Gutsy : berani atau punya nyali
Gibbon : sejenis kera

ubuntu 8.04 : Hardy Heron
Hardy : kokoh
Heron : bangau

ubuntu 8.10 : Interpid Ibex
Interpid : berani
Ibex : kambing gunung

ubuntu 9.04 : Jaunty Jackalope
Jaunty : lincah
Jackalope : kelinci bertanduk

ubuntu 9.10 : Karmic Koala
Karmic : penuh perhitungan
Koala : binatang endemik di australia

ubuntu 10.04 : Lucid Lynx
Lucid : sigap
Lynx : kucing liar

ubuntu 10.10 : Maverick Meerkat
Maverick : orang yg punya kemandirian dalam berperilaku dan berpikir
Meerkat : hewan sejenis luwak (Suricatta suricatta)

ubuntu 11.04 : Natty Narwhal
Natty : Rapih
Narwhal : Sejenis paus bergigi

Review… Review…Review…

Nah karena baru rilis, namanya nubitol yang baru pake linux (russian) saya jadi penasaran untuk mencicipi seperti apa Ubuntu 11.04. Langkah yang saya tempuh bisa dibilang cukup nekat, yaitu langsung melakukan upgrade tanpa banyak pikir panjang  (no_dance) . Padahal ada sebuah langkah bijak, yaitu mendownload live cd-nya lalu menginstallnya di usb. Saya pun langsung mengupgradenya melalui update manager. Padahal niatan awalnya saya pengen tahu dulu review dari orang yang udah pernah make 11.04 seperti apa baru mencoba mendownload.

Akhirnya setelah perjuangan panjang meng-upgrade lebih dari 5 jam. Kira-kira pukul 04.30 WIB tanggal 29 April 2011. Komputer saya resmi ber-OS Ubuntu 11.04. Beberapa aplikasi yang berubah antara lain Rhytmbox sekarang digantikan oleh Banshee dan Open Office digantikan oleh Libre Office. Mengenai Rhytmbox saya sejak dari 10.10 memang memakai Banshee jadi tidak ada masalah. Libre Office pun memiliki tampilan yang tampaknya sama persis dengan Open Office. Hanya saja aplikasi QIOO (Quran in Open Office) menjadi tidak berfungsi :hammers :hammers . Ya sudahlah saya tampaknya harus mencari QILO (Quran in Libre Office).

Masalah muncul saat booting. Saya merasa 10.10 lebih cepat dalam hal booting dibandingkan dengan 11.04. Menurut sumber yang dapat dipercaya 10.10 dapat booting dalam waktu 7 detik saja. Walaupun agak sedikit lama, tapi saya masih merasa lebih cepat dibandingkan apabila saya memakai Windows 7. Masalah ini mungkin timbul karena saya memakai 11.04 dari hasil upgrade bukan fresh install, jadi masih banyak nyangkut sampah-sampah yang tidak digunakan.

Berikut tampilan ubuntu 11.04 (diambil dari web resmi ubuntu) jangan sampai :matabelo sebelum baca review di bawah

The Dash

Hide «

The Launcher

Hide «

New Workspace

Hide «

Kemudian yang bikin saya cukup kesal adalah masalah tampilan. Ubuntu 11.04 menurut saya lebih mirip ubuntu 10.10 versi netbook dengan adanya launcher. Kemudian adanya dash membuat tampilan ubuntu 11.04 menjadi tidak user friendly. Mengapa tidak user friendly. Karena di versi sebelumnya di toolbar bagian atas selalu ada menu System yang di dalamnya ada Preferences dan Administration. Sedangkan di 11.04 kita tidak dapat menemukan menu itu. Sehingga bagi yang awam pasti kebingungan apabila harus mengatur proxy, mencari synaptic package manager, dan lainya. Menggunakan dash menurut saya tidak mudah karena kita harus hafal nama yang ingin kita cari. Daftar aplikasi yang ada di launcher pun tidak lengkap. Kita kembali harus menggunakan dash untuk mencarinya. Hal ini cukup membuat frustasi…. (bah)

Toolbar yang biasa ada di 10.10 dan versi sebelumnya :

Hide «

Hal yang paling menyebalkan adalah compiz tidak dapat digunakan lagi. Efek-efek dari compiz yang cling cling sudah tidak dapat dilihat lagi. Membuat orang yang memakai windows 7 bisa sedikit berbangga karena 11.04 efeknya kurang canggih, sama dengan windows 7 (haha).

Kenangan akan keindahan compiz hanya dalam memori saja. Bagaimana desktop bisa dirotasi secara keren, apabila menutup jendela tampilan seperti terbakar, atau ketika membuka jendela seperti jin yang keluar dari botol, efek elastis yang unyu banget kini hanya tingga kenangan.

Efek compiz yang bisa memutar workspace :

sumber : disini

2 thoughts on “Natty Narwhal,apaan yaa…

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda... :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s